Oleh: indrasuarisman3dps | Oktober 9, 2010

adat dan tradisi bali hingga kini

Adat dan Tradisi
PDF Print E-mail

Bidang adat dan Tradisi
Kegiatan yang dituangkan dalam program kegiatan di Bidang Adat dan Tradisi sangat bersentuhan langsung dengan masyrakat, diantaranya :

Penyelenggaraan Pembinaan dan Lomba Desa pakaraman. Desa Pakraman/Adat merupakan kesatuan masyarakat hukum adat di Bali yang mempunyai satu kesatuan tradisi dan tata krama pergaulan hidup masyarakat umat Hindu secara turun temurun dalam ikatan Kahyangan Tiga yang mempunyai wilayah tertentu.

Satu ikatan yang paling mendasar dalam mengatur masayarakat Bali yang masuk dalam perkumpulan orgnisasi-organisasi kemasyarakatan di Bali tiada lain adalah Awig-awig. Awig-awig sendiri merupakan aturan tertulis maupun tidak tertulis yang berlaku bagi warga, yang didasari atas kesepakatan dan keputusan yang di ambil bersama-sama dalam sebuah wadah pertemuan besar dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat / warga di dalamnya.

Kegiatan lainnya yang diprogramkan adalah pembinaan dan lomba Subak dan Subak Abian. Subak adalah merupakan salah satu lembaga tradisional yang ada di Bali yang bercirikan sosio agraris dan relegius sebagai aset budaya nasional. Adapun kebijakan Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Bidang Adat dan tradisi seperti payung seperti: mengadakan inventarisasi keberadaan lembaga-lembaga adat, seperti desa pakraman, banjar, subak dan sekaa-sekaa lainnya sebagai kantong-kantong kebudayaan Bali.

Kebijakan operasional dalam upaya pelestarian dan pengembangan budaya, sebagaimana yang telah digariskan adalah membentuk kebudayaan nasional yang kuat dengan didukung oleh komponen-komponen kebudayaan daerah sebagai sumber dan disisi lain melestraikan dan menghidupkan budaya-budaya daerah itu sendiri.

Pada Program Pengembangan Nilai Budaya bidang adat dan tradisi juga memperlancar Pemberian bantuan keuangan kepada Desa Pakraman yang berjumlah 1471 desa pakaraman. Pemberian bantuan keuangan lainnya yang diprogramkan adalah bantuan kepada Subak dan Subak Abian yang sejumlah 2745 di kabupaten/kota se- Bali.

Dalam melaksanakan pembinmm, pengembangan dan pelestarian kebudayaan Bali bukan-lah tugas pemerintah semata-mata tetapi merupakan tugas seluruh komponen masyarakat termasuk lembaga-lembaga non formal yang ada. Walaupun dalam pelaksanaannya peranan lembaga-lembaga formal tersebut tampak lebih dominan, tidaklah berarti lembaga-lembaga non formal yang ada tidak dilibatkan, Dalam hal ini terjalin kerjasama yang harmonis antara lembaga-lembaga formal dan non formal yang ada termasuk dalam masyarakat.

PROGRAM KEGIATAN ADAT DAN TRADISI TAHUN 2010

alt


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: